Perbedaan Antara Hypervisor Tipe 1 dan Tipe 2

Apa perbedaan antara Hypervisor Tipe 1 dan Tipe 2?

    Hypervisor tipe 1 dan tipe 2 adalah perangkat lunak yang kita gunakan untuk menjalankan satu atau lebih mesin virtual (VM) pada satu mesin fisik. Mesin virtual adalah replika digital dari suatu mesin fisik. Sistem ini merupakan lingkungan komputasi terisolasi yang dialami pengguna Anda sebagai suatu lingkungan yang sepenuhnya independen dari perangkat keras yang mendasarinya. Hypervisor adalah perangkat lunak yang memungkinkan hal ini. Ia mengelola dan mengalokasikan sumber daya fisik ke VM, dan berkomunikasi dengan perangkat keras yang mendasarinya di latar belakang.

    Hypervisor tipe 1 berada di atas server bare metal dan memiliki akses langsung ke sumber daya perangkat keras. Oleh karena itu, hypervisor tipe 1 juga dikenal dengan hypervisor bare metal. Sebaliknya, hypervisor tipe 2 adalah aplikasi yang diinstal pada sistem operasi host. Hypervisor ini juga dikenal dengan hypervisor host, atau hypervisor tersemat.

 

Cara kerjanya: hypervisor tipe 1 vs tipe 2

Hypervisor tipe 1

Hypervisor tipe 1, atau hypervisor bare metal, berinteraksi langsung dengan perangkat keras mesin yang mendasarinya. Hypervisor bare metal diinstal langsung pada perangkat keras fisik mesin host, bukan melalui sistem operasi. Dalam beberapa kasus, hypervisor tipe 1 disematkan di dalam firmware mesin.

Hypervisor tipe 1 bernegosiasi langsung dengan perangkat keras server untuk mengalokasikan sumber daya khusus untuk VM. Ia juga dapat berbagi sumber daya secara fleksibel, tergantung pada berbagai permintaan VM.

Hypervisor tipe 2 

Hypervisor tipe 2, atau hypervisor host, berinteraksi dengan perangkat keras mesin host yang mendasarinya melalui sistem operasi mesin host. Sistem ini diinstal di mesin dan dijalankan sebagai aplikasi.

Hypervisor tipe 2 bernegosiasi dengan sistem operasi untuk mendapatkan sumber daya sistem yang mendasarinya. Namun, sistem operasi host memprioritaskan fungsi dan aplikasinya sendiri di atas beban kerja virtual.

 

Ringkasan perbedaan: hypervisor tipe 1 vs. tipe 2

 Hypervisor tipe 1Hypervisor tipe 2 
Juga dikenal sebagaiHypervisor bare metal.Hypervisor host.
Berjalan diPerangkat keras mesin host fisik yang mendasarinya.Sistem operasi yang mendasarinya (OS host).
Paling cocok untukBeban kerja yang besar, intensif sumber daya, atau penggunaan tetap.Desktop dan lingkungan pengembangan.
Dapatkah itu menegosiasikan sumber daya khusus?Ya.Tidak.
Pengetahuan yang diperlukanPengetahuan tingkat administrator sistem.Pengetahuan dasar pengguna.
ContohVMware ESXi, Microsoft Hyper-V, KVM.Oracle VM VirtualBox, Stasiun Kerja VMware, PC Virtual Microsoft.

 

Comment on "Perbedaan Antara Hypervisor Tipe 1 dan Tipe 2":

Comments (2)

Kray said (3 weeks ago):

🤩🤩🤩🤩

Kray said (3 weeks ago):

Great Post